UPACARA HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2014

ganjar2

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau Stand Pameran dalam rangka Hardiknas.

Jumat (2/5/2014) dilaksanakan Upacara bendera dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2014 yang dipusatkan di Lapangan Olahraga Drh Soepardi, Sawitan, Mungkid, Kabupaten Magelang. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Upacara tersebut  dihadiri Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP, Ketua DPRD Kabupaten Magelang Saryan Adi Yanto SE, dan Plt Sekda Provinsi Jawa Tengah Dr Ir Sri Puryono KS MP, Muspida, Kepala Dinas Instansi/bagian, Camat Se-Kabupaten Magelang,  Kepala Sekolah Se-Kabupaten Magelang, serta siswa SD, SMP, dan SMA/SMK.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, SH.  saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, mengatakan bahwa pendidikan bukan hanya untuk menyelesaikan atau menjawab persoalan – persoalan yang sifatnya teknis dan kekinian. Lebih dari itu, pendidikan hakikatnya upaya memanusiakan manusia untuk membangun peradaban yang unggul.Dalam dunia pendidikan ada dua hal yang sangat mendasar. Yang pertama terkait dengan akses untuk mendapatkan layanan pendidikan, di mana akses tersebut dipengaruhi ketersediaan dan keterjangkauan. Kedua, terkait dengan kualitas yang dalam hal ini sangat dipengaruhi ketersediaan dan kualitas guru, kurikulum, serta sarana prasarana pendidikan. Oleh karena itu guru dan pemangku kepentingan lainnya diharapkan dapat menyukseskan implementasi kurikulum 2013. Melalui kurikulum 2013 itu, anak–anak akan memiliki kompetensi secara utuh yang mencakup sikap, pengetahuan, dan ketrampilan. Itu semua dilakukan dalam rangka mempersiapkan generasi emas, yaitu generasi yang kreatif, yang inovatif, yang produktif, mampu berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking), berkarakter, serta cinta dan bangga menjadi Bangsa Indonesia. “Dengan generasi emas itulah, kita bangun peradaban Indonesia yang unggul menjadi kejayaan Indonesia 2045.”

ganjar

Usai upacara bendera, dilakukan pembacaan deklarasi Kabupaten Magelang sebagai kabupaten vokasi oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP, didampingi Ketua DPRD Kabupaten Magelang Saryan Adi Yanto SE. Selain itu juga diadakan penandatanganan MoU antara dunia usaha dan dunia industri dengan 10 SMK di Kabupaten Magelang dalam rangka meningkatkan dunia pendidikan, dan penyerahan penghargaan kepada insan pendidikan berprestasi bagi siswa dan mahasiswa oleh Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH. Pada kesempatan berikutnya Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah Hj Atikoh Ganjar Pranowo didaulat memotong pita sebagai tanda dibukanya Pameran Gebyar Disdikpora Kabupaten Magelang, dan dilanjutkan peninjauan stand expo produk yang dipamerkan.

Selanjutnya Gubernur Jaterng Ganjar Pranowo menyempatkan diri untuk melihat pameran pendidikan di 124 stand yang diisi produk-produk unggulan hasil karya siswa SMK, SMA, UPP hingga desa-desa vokasi se-Kabupaten Magelang. Ganjar mengaku kagum terhadap produk SMK, salah satunya diversifikasi makanan SMKN Pertanian Salam. Beliau memberikan apresiasi terhadap inovasi dari siswa-siswi SMK yang dalam kesempatan tersebut memamerkan hasil karya mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: