Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 68 Tahun 2013 Kecamatan Muntilan

paskibra

Sabtu pagi 17 Agustus 2013, Camat Muntilan Iwan Sutiarso,S.Sos.,M.Si., bertindak sebagai Inspektur Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-68 di lapangan Pemerintah Daerah Pastoran Muntilan. Tema HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 68 tahun 2013 adalah: “Mari Kita Jaga Stabilitas Politik dan Pertumbuhan Ekonomi Kita  Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat”.

Rangkaian  upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-68  diawali dengan  penyerahan bendera duplikat oleh camat Muntilan di halaman kantor kecamatan Muntilan kepada Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) dari SMA Pangudiluhur Van Lieth Muntilan. Selanjutnya PASKIBRA Menuju lapangan Pemerintah Daerah Pastoran Muntilan.

Upacara Detik-detik Proklamasi dan Pengibaran Sang Merah Putih yang berlangsung dengan kidmad tersebut, diikuti MUSPIKA, personil Koramil dan Polsek, Veteran, Lurah Muntilan dan Kepala Desa se-Kecamatan muntilan, karyawan karyawati PNS/Swasta, Ketua Organisasi Sosial dan Kemasyarakatan se-Kecamatan muntilan, para pelajar SD, SMP, SMA  dan Mahasiswa.

hutri6Sambutan Gubernur Jawa Tengah yang dibacakan dalam kegiatan tersebut:

SAMBUTAN GUBERNUR JAWA TENGAH

PADA  UPACARA  PERINGATAN

DETIK-DETIK PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE 68

TANGGAL 17 AGUSTUS 2013

 

Bismillahirohmaanirrohiim.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Yang saya hormati :

Saudaraku Jajaran Birokrasi Pemerintahan, seluruh warga Jawa Tengah yang saya cintai dan saya banggakan, dan Peserta Upacara yang berbahagia.

Teriring rasa syukur alhamdhulillah  kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, pagi ini kita dapat melaksanakan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 68, dalam suasana yang penuh hikmat.

Pertama-tama, sebagai Warga Negara Indonesia yang setia dan menjunjung tinggi nasionalisme dan patriotisme, marilah terlebih dahulu kita pekikkan 3 kali salam kemerdekaan yang sekeras-kerasnya dan penuh semangat, agar jiwa Patriotisme kita semakin kokoh kuat. MERDEKA ..! MERDEKA ..! MERDEKA..!

Bapak-Ibu hadirin, seluruh warga Jawa Tengah, dan peserta upacara yang berbahagia;

Hari ini, tanggal 17 Agustus 2013, kita semua seluruh Warga Negara Indonesia merasakan kebahagiaan dapat menikmati udara segar kemerdekaan Republik Indonesia, yang telah berhasil kita rebut dari tangan penjajah sudah berumur 68 tahun.

Perjuangan panjang yang tulus ikhlas merebut kemerdekaan oleh para pendahulu kita, itu-lah wujud nyata para pahlawan kusuma bangsa yang ingin membangun kehidupan bangsa yang beradab, dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

BERSATU KITA TEGUH, BERCERAI KITA RUNTUH, telah mengkristal menjadi kekuatan dalam perjuangan bersama mewujudkan Indonesia Merdeka.

Jadi, Kemerdekaan Indonesia yang kita kenyam dan nikmati hingga sekarang, bukanlah hadiah yang jatuh dari langit atau wehwehan dari negara lain, melainkan buah perjuangan keras para pejuang pendahulu kita dengan linangan air mata, genangan darah, serta pengorbanan jiwa raga dan harta benda yang tulus ikhlas dari para pejuang kita.

Sebutan sebagai PAHLAWAN, ADALAH MEREKA YANG RELA BERKORBAN UNTUK NEGARA DAN BANGSANYA TANPA PAMRIH DAN BALAS JASA. Itulah yang menyemangati dan menjadi tekad bulat para pendahulu kita dalam mewujudkan Kemerdekaan Indonesia.

Maka, sudah menjadi kewajiban kita sebagai generasi penerus, untuk selalu setia menjaga dan mengisi kemerdekaan, dengan karya nyata dan kerja keras, kerja cerdas mewujudkan Indonesia yang maju, mandiri, berdaya saing tinggi dan sejahtera, serta menjadi Negara dan Bangsa yang terhormat di mata dunia. Dan kini, sudah semakin kita rasakan dan kita nikmati.

Oleh karena itu, dalam setiap kita memperingati Kemerdekaan Indonesia, maka semangat kebersamaan, toleransi, kesetiakawanan, jiwa gotong royong yang harus selalu kita jaga, dengan senantiasa memantapkan sinergitas karya dan usaha untuk terus maju.

Kita sebagai warga Jawa Tengah, menjadi bagian integral Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka, menjadi kewajiban kita pula untuk turut menjaga eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia agar tetap berdiri tegak dan semakin sejahtera.

Luasnya laut bukan sebagai pemisah, tetapi laut menjadi pemersatu bangsa Indonesia yang tersebar di belasan ribu pulau dari Sabang sampai Merauke.

Suku, budaya, cara pandang bisa berbeda, tetapi itu bukan menjadi pembeda, melainkan justru sebagai potensi sumber daya dan kekuatan yang bisa disinergikan untuk membangun Negara Indonesia yang semakin maju, mandiri dan berdaya saing tinggi serta sejahtera.

Untuk itu, mari semangat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, kita jadikan tonggak sejarah dan semangat kita untuk terus bersatu padu, memantapkan kedaulatan Negara Indonesia, menjadi Negara yang bermartabat dengan berkepribadian Pancasila.

Dan Jawa Tengah kita kokoh kuatkan sebagai Bentengnya Pancasila dan Basis Pembangunan Nusantara, harus terus bangkit dan cancut tali wanda menjadi kekuatan utama kemajuan Indonesia.

Selamat berjuang Saudaraku, dan selamat berkarya.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan kekuatan dan pengayoman kepada kita semua. MERDEKA ..! MERDEKA ..! MERDEKA..!

Terima kasih atas perhatian dan kebersamaan kita.

Wassalamu `alaikum Wr.Wb.

GUBERNUR JAWA TENGAH

ttd

H. BIBIT WALUYO

Selain upacara Upacara detik-detik Proklamasi dan Pengibaran Sang Merah Putih, berbagai rangkaian kegiatan Lomba dalam rangka HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 68 di Kecamatan Muntilan yang dikoordinasikan oleh sekcam Muntilan Mashadi, S.Sos selaku ketua panitia dapat berjalan dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: