Komitmen Camat Kunci Keberhasilan Desa SBS

Gambar

(Borobudur, 22 Februari 2013)

Desa Bigaran adalah desa intervensi program PAMSIMAS (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) tahun 2012. Namun desa ini patut mendapat apresiasi tinggi karena prestasi yang luar biasa, yaitu mencapai status SBS (Stop Buang Air Sembarangan). atau 100% masyarakat akses ke jamban sehat. Sebanyak 6 dusun di Desa Bigaran dinyatakan lulus verifikasi SBS, sedangkan yang menjadi dusun intervensi PAMSIMAS adalah 3 dusun. Pada 19 Februari 2013 lalu, bersama dari seluruh jajaran di Kecamatan Borobudur dan Pemdes Bigaran, menyelenggarakan Deklarasi Desa SBS.

Acara deklarasi dihadiri mulai dari perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Kab Magelang, BAPERMAS, BAPPEDA, Satker/PU, Kepala Puskesmas, Camat, Muspika Kec Borobudur, lintas sektor kecamatan, seluruh Kepala Desa Kec Borobudur, PMAC HHS Jateng 3, HSS Jateng Barat, DMAC HH, LKM, BPSPAMS, masyarakat Desa Bigaran, dan anak sekolah.

Kepala Desa Bigaran Endro Sugijarto menyampaikan rasa terima kasihnya dengan antusiasnya undangan yang hadir pada acara tersebut. Ia juga merasa bangga terhadap masyarakat Desa Bigaran yang merupakan perbatasan dengan Kab Kulon Progo Provinsi DIY, karena dapat secara swadaya mampu berubah kebiasaan buang air besar. Pada acara ini, dilakukan serah terima aset dan sarana PAMSIMAS dari LKM kepada BPSPAMS. Opsi air bersih yang dibangun adalah pompa. Fasilitas ini diharapkan dapat berjalan lancar dan berkembang ke dusun yang lainnya.

Laporan hasil verifikasi SBS disampaikan oleh Kepala Puskesmas dr. Yuniar yakni, proses verifikasi dilakukan sejak tanggal 17 Desember 2012 yang melibatkan seluruh jajaran lintas sektor Kecamatan mulai dari Koramil Kec Borobudur, Polsek Kec Borobudur, BAPERMAS, LKM, kader, kadus, Ketua RT, Puskesmas, Dinas Kesehatan Kab Magelang. Mekanisme verifikasi dilakukan dengan kunjungan dari rumah ke rumah dengan kader, kadus, dan Ketua RT sebagai pendamping. Verifikasi setiap orang mengunjungi 5 – 10 rumah, dengan semua elemen yang bersedia terlibat sehingga proses bisa dilaksanakan dengan optimal.

Hasilnya, dari 6 dusun tersebut dengan akses awalnya masing – masing yakni, Dusun Wonojoyo 53%, Dusun Dawung 59,3%, Dusun Serut 59%, Dusun Karangsari 54%, Dusun Sumberejo 77%, dan Dusun Bigaran 74%., saat ini semua telah 100% akses ke jamban sehat. Dari total 297 rumah, sebanyak 280 rumah memiliki sarana jamban sehat sendiri dan 17 rumah numpang/sharing. Kondisi jambannya 239 layak, 32 dengan catatan, dan 9 perlu perbaikan. Pembelajaran utama dari SBS Desa Bigaran adalah, kerja sama lintas sektor kecamatan dan puskesmas serta pemerintahan desa yang berjalan dengan baik.

Camat Borobudur Iwan Sutiarso,S.Sos.,M.Si. mempunyai komitmen dan paradigma bahwa setiap aspek sangat bergantung satu sama lain. “ Pendidikan bisa baik jika kesehatan optimal, kesehatan bisa baik jika keamanan terjamin, dan lainnya,” tutur Iwan. Untuk mendukung hal tersebut, Iwan menggerakkan seluruh lintas sektor di tingkat kecamatan untuk mendukung pencapaian SBS, dengan meminta perwakilan dari masing-masing sektor untuk ikut terjun monitoring dan verifikasi. Hal yang sama menjadi resep keberhasilan SBS di Desa Giripurno Kec Borobudur. Proses deklarasi dimeriahkan oleh pembacaan deklarasi SBS oleh Kepala Desa, serta pembacaan deklarasi PHBS oleh murid – murid Sekolah Dasar. Sebelum penyelenggaraan deklarasi juga diadakan lomba cerdas cermat PHBS di SD Desa Bigaran, dan pengumuman serta pembagian hadiah diberikan pada deklarasi tersebut. Camat Iwan Sutiarso mengatakan, Deklarasi SBS bukanlah tujuan akhir, namun menjadi awal perjuangan untuk aspek yang lain.

Klik juga disini!

http://pamsimas.org/index.php?option=com_content&view=article&id=1800:komitmen-camat-kunci-keberhasilan-desa-sbs&catid=3:berita-terbaru&Itemid=75).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: