Hari pusaka dunia 2013 Momen kenalkan Seni Rakyat di Borobudur

(Borobudur, 17 April 2013)

Camat Borobudur Iwan Sutiarso S.Sos., M.Si. menghadiri perayaan Hari Pusaka Dunia 2013 di Taman Lumbini, kompleks Candi Borobudur, Magelang, Rabu (17/4/2013). Kegiatan ini dimanfaatkan oleh seniman Borobudur, Kabupaten Magelang untuk menanamkan rasa nasionalisme sejak dini kepada anak. Hal itu tampak ketika mereka menggelar perayaan Hari Pusaka Dunia 2013 ini melibatkan puluhan anak dengan berpakaian warok yang menari dengan luwesnya. Pengunjung Borobudur terkesima menghentikan langkahnya  mereka bertepuk tangan dengan sorot mata dan wajah berbinar yang menunjukkan kekaguman.

Sucoro yang merupakan koordinator kegiatan tersebut menyatakan pihaknya sengaja melibatkan anak-anak dalam kegiatan tersebut karena selain ingin mengenalkan budaya dan seni sejak dini, juga mengajarkan mereka agar berjuang melestarikan tradisi leluhur. “Hari Pusaka Dunia ini momen yang bagus untuk mengenalkan seni budaya kepada anak-anak sejak dini.” Empat kelompok kesenian yang tampil berasal dari Desa Kebonsari, Dusun Jupit, Desa Sambeng, dan Dusun Bleoran. Keempat kelompok menampilkan tari Warak yang diperagakan bocah berusia tujuh hingga sepuluh tahun.

Menurut Sucoro, terdapat banyak kelompok kesenian di Kabupaten Magelang. Namun, keberadaannya belum dikelola secara maksimal oleh pemerintah kabupaten setempat. “Kesenian ketoprak, salawatan, pitutur itu perlu dihidupkan lagi,” paparnya. Terkait pemilihan candi Borobudur sebagai lokasi kegiatan karena candi ini merupakan pusaka peninggalan yang sudah mendunia. Oleh karena itu, diharapkan ada sinergi antara peninggalan budaya dan pelaku seni saat ini. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama seniman dan Paguyuban Kepala Desa Kecamatan Borobudur, Warung Info Jagad Cleguk, Forum Kesenian Magelang, serta PT Taman Wisata Candi Borobudur. Selain penampilan tari, kegiatan ini juga diisi dialog yang dihadiri dua narasumber dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, yakni Hari Mulyatno dan Bambang Sunarto.

Beritanya bisa dibaca dengan Klik disini!

(http://regional.kompas.com/read/2013/04/17/22465893/Hari.Pusaka.Dunia.2013..Momen.Kenalkan.Seni.Budaya.Sejak.Dini).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: