Pengembangan DMO Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

(Magelang, 10 Oktober 2012)

“Pengembangan organisasi tata kelola destinasi pariwisata kawasan Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah merupakan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitarnya”. Hal ini dikemukakan oleh Wakil Kepala Bidang Operasional I Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) Urip Nugroho Pada diskusi perumusan visi dan program “Destination Management Organization” (DMO) Borobudur guna penyusunan rencana pengelolaan pariwisata terpadu Kawasan Borobudur. Perlu pemetaan atas potensi wisata di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Tujuan kegiatan ini untuk mengidentifikasi cita-cita masyarakat terhadap kondisi pariwisata Borobudur di masa yang akan datang serta menjaring masukan dari masyarakat tentang langkah yang harus dilakukan untuk mencapai cita-cita yang disepakati bersama demi kemajuan Borobudur. UNESCO maupun instansi lain seperti pemerintah daerah sudah membuat pemetaan kawasan pariwisata di seputar Borobudur.  TWCB mendukung penuh program pengembangan DMO Borobudur melalui “Local Working Group” (LWG) DMO pariwisata Borobudur. Diharapkan kawasan Borobudur dengan berbagai potensi wisata yang dimiliki dapat disinggahi oleh wisatawan, baik mancanegara maupun domestic.

Camat Borobudur Iwan Sutiarso,S.Sos.,M.Si. yang menghadiri kegiatan tersebut mengatakan bahwa pelaku wisata harus bersinergi mengembangkan Borobudur menjadi destinasi wisata yang menarik sehingga wisatawan mau tinggal lebih lama karena di sini  karena ada banyak objek yang menarik Diharapkan semua objek wisata dikunjungi wisatawan sehingga dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. Pengembangan kepariwisataan Borobudur tidak hanya bertumpu pada satu objek saja yaitu Candi Borobudur. DMO melalui LWG ingin mengembangkan kawasan dengan segala potensi dan daya tarik yang ada sehingga Candi Borobudur hanya sebagai magnet saja. Jika Seluruh potensi wisata dapat bersinergi sehingga mendapatkan manfaat yang luas bagi masyarakat Borobudur.

(sumber: http://www.promojateng-pemprovjateng.com/detailnews.php?id=13907).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: