Lomba Cerdas Cermat Ibu Hamil dan Kader Kesehatan di Puskesmas Borobudur

(Dokumen kegiatan 1 Augustus  2012 di kecamatan Borobudur)

Salah satu kegiatan program KIA untuk mendukung tercapainya target MDGS (Millenium Development Goals) 2015 adalah pelaksanaan kegiatan kelas ibu hamil. Kelas Ibu Hamil ini merupakan pertemuan tatap muka antara Ibu Hamil dan Petugas Kesehatan (terutama Bidan Desa) tentang materi seputar kehamilan, persalinan, nifas dan bayi baru lahir. Di Puskesmas Borobudur kegiatan Kelas Ibu Hamil ini sudah diadakan sejak tahun 2011, dengan Desa Uji Coba yaitu Desa Candirejo dan Desa wanurejo. Kegiatan ini selain dihadiri oleh Ibu Hamil dan keluarga, juga kader Desa tersebut. Pada Tahun 2012 ini, kelas ibu hamil sudah dilaksanakan di semua desa di Kecamatan Borobudur (20 Desa). Dalam pelaksanaannya dilakukan oleh Bidan Desa dan Tim Puskesmas. Untuk melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan tersebut dilakukan Lomba Cerdas Cermat Kelas Ibu Hamil se-Kecamatan Borobudur. Lomba ini juga bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan kelas ibu hamil. Lomba Cerdas Cermat kelas Ibu Hamil ini baru pertama kali diadakan di Puskesmas Borobudur.

Camat Borobudur Bapak Iwan Sutiarso,S.Sos. M.Si. yang membuka kegiatan lomba ini memberi apresiasi dan dukungan kepada Puskesmas Borobudur atas terlaksananya kegiatan ini. Dalam sambutannya camat menyampaikan bahwa Program pembangunan kesehatan saat ini masih diprioritaskan pada upaya peningkatan derajat kesehatan ibu dan anak. Target MDGS (Millenium Development Goals) 2015, dua diantaranya adalah tentang Kesehatan Ibu dan Anak & nbsp; yaitu meningkatkan kesehatan Ibu dan menurunkan kematian anak.

Kegiatan Lomba  yang terdiri dari:

1.      Babak penyisihan : 30 soal seputar kelas ibu, diikuti oleh semua kelompok.

2.      Babak ke-2 : Dewan Juri terdiri dari Ibu dr. Yuniar dari Puskesmas Borobudur, Ibu Siti Baroroh dari TP PKK Kecamatan Borobudur dan Bapak Sunyoto Heri Suseno, Bsc dari UPT Yan KB dan KS.

3.      Selanjutnya terpilih 5 peserta untuk mengikuti babak selanjutnya, yaitu Desa Borobudur, Giritengah, Majaksingi Bawah, Wanurejo, dan Sambeng.

4.      Dilanjutkan babak ke-2 dengan soal wajib, soal lemparan dan soal rebutan.

5.      Babak terakhir berupa praktek yaitu praktek senam ibu hamil dan praktek tentang cara menyusui, dengan juri : Koordinator Bidan Puskesmas Borobudur yaitu Ibu Esti Murdiwati, Amd.Keb.

Hasil Kegiatan : Juara 1 adalah Kader dan Ibu hamill dari Desa Borobudur, Juara 2 Desa Wanurejo, Juara 3 Desa Majaksingi Bawah, Juara Harapan 1 Desa Sambeng, Juara Harapan 2 Desa Giritengah. Penyerahan hadiah diberikan oleh Bapak Camat Borobudur (Iwan Sutiarso, S.Sos.,M.Si.), Kepala Puskesmas Borobudur (dr. Yuniar), UPT Yan KB KS, PKK, dan staf Puskemas Borobudur (sumber: http://dinkes.magelangkab.go.id/demo/2012/08/01/lomba-cerdas-cermat-ibu-hamil-dan-kader-kesehatan-di-puskesmas-borobudur).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: