Desa Wisata Gerabah Karanganyar Borobudur

(Magelang, Senin 1 Oktober  2012)

Pencanangan Desa Wisata Gerabah di Dusun Klipoh, Desa Karanganyar, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang oleh camat Borobudur Iwan Sutiarso, S.Sos.,M.Si. semakin melengkapi destinasi di sekitar Candi Borobudur. Dusun Klipoh sebagai penghasil kerajinan gerabah berjarak sekitar empat kilometer dari Candi Borobudur arah barat daya. Selama ini di sekitar Candi Borobudur telah terdapat dua desa wisata, yakni Desa Wanurejo dan Candirejo. Iwan mengatakan, bidang pariwisata merupakan salah satu penghidupan masyarakat Borobudur, setelah bidang pertanian.

Iwan mengatakan, dengan dicanangkannya sebagai desa wisata, mudah-mudahan semakin banyak wisatawan yang datang ke Klipoh, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Masyarakat Borobudur harus bisa memanfaatkan potensi yang ada untuk mendukung pariwisata.”  Para perajin gerabah diharapkan bisa meningkatkan kualitas dan desain produk agar lebih banyak diminati wisatawan.

Dusun Klipoh dihuni 181 keluarga, 75 orang berprofesi sebagai perajin gerabah. Fasilitator PNPM Mandiri Pariwisata Desa Karanganyar, Muh Mufid Mas’ud mengatakan, untuk mengembangkan daerah tujuan wisata Desa Karanganyar pada tahun 2011 dan 2012 mendapat kucuran dana PNPM Mandiri Pariwisata, masing-masing sebanyak Rp100 juta. Ia mengatakan, dana tersebut antara lain digunakan untuk pengembangan kerajinan gerabah, pengembangan kesenian, dan pelatihan Bahasa Inggris bagi warga (sumber: http://krjogja.com/read/145228/page/tentang_kami).

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: